Pendidikan

A+ A A-

Pendidikan

Rate this item
(1 Vote)

Keberhasilan pembangunan pendidikan dapat dilihat dari Angka Partisipasi Kasar, Angka Partisipasi Murni dan angka drop out serta angka buta aksara.

 

APK maupun APM untuk semua jenjang pendidikan di Kabupaten Wonosobo dalam lima tahun terakhir ada kecenderungan semakin meningkat. Sedangkan angka drop out atau putus sekolah pada semua jenjang pendidikan cenderung mengalami penurunan, demikian pula untuk buta aksara selalu mengalami penurunan di mana pada tahun 2010 sudah berkurang menjadi 0,03%.     

 

Kesadaran masyarakat tentang pendidikan semakin meningkat. Hal ini terlihat dari meningkatnya sarana dan jumlah murid di tingkat pendidikan anak usia dini sampai pendidikan lanjutan. Jumlah sekolah dan guru TK pada tahun ajaran 2011/2012 mengalami penurunan dibanding tahun ajaran sebelumnya, tetapi jumlah murid mengalami peningkatan. 

 

Sedangkan murid tingkat pendidikan dasar, baik dilingkungan Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kementrian Agama mengalami penurunan sebesar 2,70 persen. Penduduk yang mengikuti pendidikan tinggkat SLTP sebanyak 34.622 mengalami kenaikan sebesar 0,97 persen dibanding tahun ajaran sebelumnya. Jumlah sekolah SMA dan MA tetap, jumlah murid relatif sama. Sedangkan jumlah murid SMK sebanyak 8.981 mengalami peningkatan 18.60 persen diiuti jumlah sekolah naik menjadi 23 sekolah yang pada tahun sebelumnya 18 sekolah.

 

 

Rasio murid guru di lingkungan SD Negeri sebesar 17,34 di SD swasta 16,65 di MI negeri 15,83 di MI swasta sebesar 12,47. Berkurangnya jumlah guru tidak berpengaruh terhadap menurunnya jmlah anak yang drop out di tingkat pendidikan dasar. 

Sedangkan jumlah guru di tingkat SLTP sebanyak 2.320 orang atau naik 0,26 persen, tetapi jumlah murid SLTP yang drop out sebanyak 120 siswa pada tahun ajaran 2011/2012 mengalami penurun yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya sebanyak 178 orang. Siswa yang drop out di tingkat SLTA sebanyak 199 siswa.

 

Last modified onThursday, 10 April 2014 12:34

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659