Jurnalisme Warga

A+ A A-

Kwarran Dihimbau Bentuk Satgas Pramuka Peduli

Rate this item
(0 votes)

Kwartir ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka se-Kabupaten Wonosobo dihimbau untuk membentuk tim Pramuka Peduli di masing-masing kecamatan. Hal tersebut dikemukakan saat digelarnya Rapat Koordinasi Cabang (Rakercab) Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo di Pendopo Wakil Bupati, Selasa (7/3).

Rapat yang dibuka oleh Waka Urusan Keuangan dan Aset Kwarcab Wonosobo, Amin Suradi tersebut membahas sejumlah rencana yang menjadi program Kwarcab Wonosobo selama satu tahun ke depan. Selain perencanaan program kerja, pembentukan tim Pramuka Peduli di masing-masing kecamatan juga menjadi fokus utama dalam rapat yang diselenggarakan selama satu hari tersebut.

 Andalan Cabang Kwarcab Wonosobo urusan pengabdian masyarakat, Mahendra Christiawan mengatakan pembentukan satgas Pramuka Peduli dinilai sangat penting dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Wonosobo saat ini.  Dalam menjalankan setiap aksinya, tim Pramuka Peduli di masing-masing kecamatan diminta untuk melakukan kegiatan bakti sosial bersama-sama dengan masyarakat, pemerintah serta lembaga swadaya dan organisasi masyarakat lainnya yang terintegrasi dan dikoordinasikan oleh Kwarcab Wonosobo.

 ”Melalui Pramuka Peduli juga dapat menumbuhkembangkan kesetiakawanan, sehingga diharapkan masing-masing Kwarran bisa segera membentuk tim Pramuka Peduli,” ujarnya.

 Selain itu, banyaknya daerah yang telah membentuk tim Pramuka Peduli di wilayahnya masing-masing, membuat Mahendra menilai Wonosobo harus segera memiliki tim yang beranggotakan pramuka aktif. Disamping sesuai dengan kebutuhan masyarakat Wonosobo saat ini, pembentukan tim Pramuka Peduli juga disesuaikan dengan arahan dari Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah.

 “Dalam Lomba Pramuka Peduli tingkat Jawa Tengah, Wonosobo hanya diwakili Gugus Depan, sedangkan daerah lain diwakili Satgas Pramuka Peduli,” ujarnya. Hal tersebut terjadi karena belum adanya Satgas Pramuka Peduli Kabupaten Wonosobo.

 Waka Urusan Keuangan dan Aset Kwarcab Wonosobo, Amin Suradi dihadapan 65 peserta rakercab yang hadir mengatakan, sebagaimana diamanatkan UU Nomor 12 tahun 2010, pendidikan kepramukaan dilaksanakan berdasarkan pada nilai dan kecakapan hidup pramuka. Sehingga diharapkan pramuka bisa menjadi salah satu perekat bangsa dan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan daerah di Wonosobo, salah satunya melalui aksi Pramuka Peduli.

“Dalam melaksanakan setiap kegiatan harus bisa dipertanggungjawabkan, baik menyangkut penggunaan anggaran maupun dalam pencapaian maksud dan tujuan kegiatan,” himbaunya.

 Selain dihadiri oleh Amin Suradi, rakercab tersebut juga dihadiri oleh Waka Urusan Humas Abdimas, Tri Antoro, Sekretaris Kwarcab Wonosobo, Enang Basuki, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga selaku Waka Binawasa Syamsul Maarif serta perwakilan Polres dan Kodim 0707 Wonosobo. 

-Kontributor Humas Kwarcab Kabupaten Wonosobo-

Last modified onWednesday, 08 March 2017 15:25
Login to post comments

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659