Jurnalisme Warga

A+ A A-

Kwarran Selomerto Juara Umum Pesta Siaga

Rate this item
(0 votes)

Kwartir Ranting (Kwarran) Selomerto berjaya di Pesta Siaga tingkat Kabupaten Wonosobo dengan memboyong tiga gelar juara sekaligus. Berlokasi di Alun-Alun Wonosobo, SD Selomerto dan SD 1 Kalierang berhasil menjadi barung tergiat putri dan putra dengan skor masing-masing 919,6 dan 916,3. Sementara SD Sinduagung, Selomerto meraih posisi ketiga barung putri dengan skor 895,6.

Sedangkan Kwarran Wonosobo berhasil meraih posisi kedua karena menempatkan dua wakilnya, yaitu barung putri SD 6 Wonosobo dan barung putra SD 1 Wonosobo. Sementara Kwarran Wadaslintang meloloskan satu wakilnya melalui MI Hidayatusibbyan yang berhasil meraih barung tergiat putra ketiga.

Waka Bina Muda Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti mengatakan Pesta Siaga tingkat Kabupaten Wonosobo diselenggarakan tidak hanya untuk mencari wakil Wonosobo ke tingkat Binwil Kedu, melainkan juga sebagai sarana pendidikan bagi peserta didik usia Siaga, mengingat di dalam pendidikan kepramukaan berisi pendidikan karakter, budi pekerti, integritas, dan kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, tujuan utama dari kegiatan kepramukaan bagi usia Siaga adalah untuk membawa kegembiraan bagi peserta didik.

“Dalam Pesta Siaga, ada taman peduli lingkungan dimana peserta didik diminta untuk mengumpulkan sampah sebagai bentuk kepedulian,” ujarnya, kemarin. Sri menambahkan, nantinya seluruh barung yang berhasil meraih posisi tiga besar, akan mewakili Wonosobo dalam kegiatan Pesta Siaga tingkat Binwil Kedu pada 25 Maret mendatang di Purworejo.

Istri Bupati Wonosobo sekaligus anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwarcab Wonosobo, Ny Fairuz Eko Purnomo mengatakan gerakan pramuka memiliki peranan penting sebagai ruang untuk membentuk generasi muda. Upaya pembentukan generasi bangsa sangat mendesak, seiring berjalannya modernisasi yang dinilai memiliki dampak positif dan negatif. “Menjadi bangsa yang kuat, dibutuhkan generasi yang unggul, baik jasmani maupun rohaninya,” ujarnya.

Ny Fairuz mengatakan, seluruh peserta didik yang mengikuti Pesta Siaga merupakan anak-anak pilihan untuk mewakili Kwarran masing-masing. Dihadapan ratusan pramuka siaga, Ny Fairuz berpesan agar terus melatih diri agar kedepan mampu hidup dalam kemandirian tanpa bergantung pada orang tua, namun tetap patuh dan taat kepada Ayah dan Bunda sebagai orang tua yang telah melahirkan, merawat dan membesarkan hingga sekarang.“Keluarkan pengetahuan yang kalian dapat selama mengikuti Pesta Siaga ini, dan tularkan kepada teman di sekolah dan aplikasikan dalam kehidupan masing-masing,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ny Fairuz juga berkesempatan mengukuhkan 105 Pramuka Siaga Garuda. Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka SiagaPenggalangPenegakPandega. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Last modified onMonday, 13 March 2017 13:35
Login to post comments

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659