Mitra Pemkab

A+ A A-

APEL BERSAMA TNI POLRI DAN SATPOL PP

         Dalam rangka menciptakan iklim Kamtibmas kondusif di wilayah wonosobo telah di selenggarakan apel gabungan aparat keamanan negara yaitu TNI – POLRI dan Satpol PP bertempat di halaman pendopo Bupati wonosobo dengan pimpinan apel Kapolres wonosobo AKBP M. Ridwan,SIK. Rangkaian kegiatan apel gabungan di mulai dengan apel, lomba parade dan defile, senam bersama Maumere diakhiri dengan ramah tamah.(30/3).

Kurangi Biaya Rumah Tangga, Papeling Mulai Tanam Sayuran Di Pot Daur Ulang

Rilis Berita Diskominfo

 

Gerakan tanam (Gertam) Cabe yang digaungkan secara Nasional mulai merambah Kabupaten Wonosobo. Sejumlah pihak pun mulai bergiat memanfaatkan lahan di sekitar rumah mereka untuk ditanami cabe. Hal itu tak lepas dari imbauan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman yang belum lama ini menyebut kesadaran warga untuk menanam cabe di pekarangan rumah, mampu menghemat belanja rumah tangga mencapai 600 Triliyun Rupiah pertahun secara Nasional. Salah satu komunitas yang kini berupaya keras untuk menumbuhkan kesadaran warga masyarakat Wonosobo akan pentingnya memanfaatkan lahan di sekitar rumah mereka adalah ASRI Wonosobo. Salah satu langkah nyata mereka itu terlihat di Kelurahan Kejiwan,belum lama ini.

 Mengajak tak kurang dari 50 pengurus dari 22 bank sampah yang tergabung dalam Papeling (Paguyuban Penggiat Lingkungan) ASRI Wonosobo, komunitas tersebut memulai gerakan dengan memanfaatkan barang-barang bekas sebagai pot untuk media tanam. “Kami berusaha memanfaatkan benda-benda yang sudah tidak berguna, seperti plastik untuk polybag atau botol dan ember bekas untuk pot,” jelas Astuti Farida, Ketua ASRI Wonosobo ketika ditemui di sela acara silaturahmi Papeling di Balai RW Kejiwan. Para pengurus komunitas ASRI, menurutnya juga sepakat untuk menggunakan dana kas organisasi demi membeli bibit jenis cabe dan sayuran lainnya. Nantinya, setiap bank sampah menurut Astuti akan menerima 20 polybag benih sayuran siap tanam untuk bisa ditanam di sekitar lingkungan masing-masing. Tak cukup sampai di situ, setiap penerima bantuan bibit tersebut, menurut Astuti juga akan dinilai keberhasilannya. “Kelak setelah 4 bulan penanaman, kami akan menilai sejauh mana mereka menerapkan ilmu yang diperoleh, dengan melihat keberhasilan penanaman di tempat masing-masing,” lanjut Astuti.

 Menanam cabe maupun jenis sayuran lain di sekitar rumah warga, menurut Astuti banyak sekali manfaatnya. Selain lebih terjamin kebersihannya, menanam sayur mayur yang merupakan kebutuhan pokok keluarga juga akan berimbas positif pada perekonomian setiap rumah tangga. “Setidaknya mereka tak lagi mengeluarkan biaya terlalu besar untuk memenuhi kebutuhan sayur setiap harinya,” tegas perempuan yang memiliki hobi bercocok tanam itu. Pihaknya juga sangat berharap, gerakan menanam sayur di lingkungan rumah tersebut akan bisa meluas hingga ke seluruh wilayah Wonosobo, sehingga tujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan keluarga lebih cepat tercapai.

 

(Danang Hari Purnomo – Staff  Dinas Kominfo Wonosobo)

 

 

151 PNS Terima SK Kenaikan Pangkat

Sebanyak 151 Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, menerima SK Kenaikan Pangkat periode 1 April 2017. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, Rabu (29/3), di sela apel pagi di halaman Pendopo Bupati Wonosobo.

Tidak Peduli Di Pelosok Desa, Kasatlantas Polres Wonosobo Tetap Kampanyekan Safety Riding

Dimanapun berada, Kasatlantas Polres Wonosobo AKP SS. Udiono selalu mengkampanyekan keselamatan berkendara. Seperti yang dilakukannya di Desa Warangan saat dilaksanakan peresmian jalan tembus antar desa pada Rabu (29/3). Di desa yang merupakan salah satu wilayah terisolir di Wonosobo itu, Kasatlantas menghimbau warga untuk tetap mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Polres Wonosobo : Terperosok, Truk Sarat Muatan Terguling di Sapuran

Sebuah truk pengangkut balken (potongan kayu) Nomor AB9557H yang dikemudikan Sidik, Warga Gunung Kidul Yogyakarta mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Wonosobo-Purworejo Km. 10 Sapuran Wonosobo, Rabu (29/9) pagi. Meski tidak memakan korban jiwa, namun tak urung juga sempat membuat arus lalu lintas macet pagi itu. Hal ini menjadikan personel Polsek Sapuran sibuk mengurai kemacetan yang terjadi.

Kapolres Wonosobo Resmikan Jalan Tembus Warangan-Ropoh

Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. didaulat oleh Warga Desa Waragan Kecamatan Kepil guna meresmikan dibukanya jalan tembus antara Desa Warangan menuju Desa Ropoh, Rabu (29/3). Hal ini didasari karena pembukaan jalan sepanjang 1,5 Km menembus hutan pinus itu sendiri diprakarsai oleh Polres Wonosobo pada tahun 2016 lalu.

BABINSA BANTU PANEN

Semangat gotong royong ditunjukkan oleh 4 Babinsa Koramil-11/Kaliwiro yang dipimpin Sertu Gunawan, membantu panen warga. Dengan lokasi lahan milik bapak Narto, dengan luas 400m2, dengan hasil 350kg, Rabu(29/3). 

JALAN BARU TINGKATKAN PEREKONOMIAN

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0707/Wonosobo Kapten Inf Sugeng Hariyanto, mewakili Dandim memimpin langsung rapat koordinasi dan sosialisasi TMMD sengkuyung tahap I Tahun 2017 di aula Kodim 0707/Wonosobo, Rabu (29/3). 

Subscribe to this RSS feed

Log in or create an account