Mitra Pemkab

A+ A A-

JALAN PUTUS KARENA LONGSOR

Rate this item
(0 votes)

Derasnya hujan  yang terjadi di wilayah Wonosobo dan sekitarnya, sebagai salah satu pemicu terjadinya longsor yang menimpa Dusun Beran, Kaliguwo, Kaliwiro sekitar pukul 21.00-24.00 wib, Senin(20/3). Dengan volume lebar 210 centimeter dan panjang sekitar 20 meter, sedang ketinggian kisaran 1,5 -2 meter.

Kejadian di sebabkan karena hujan yang mengguyur dari siang hingga tengah malam, secara terus menerus dan karena keadaan tanah yang labil. Kondisi tanah yang demikian sangat rentan terjadinya longsor,apalagi tidak adanya pohon penopang kuatnya tanah. Dari kejadian di atas tidak ada kerugian jiwa, namun akses jalan yang menghubungkan dusun Beran dan dusun Parakan Dawa terputus total.

Babinsa setempat Serda Sri Wibowo berkordinasi dengan aparat desa,untuk mengatasi putusnya jalan yang menghubungkan kedua dusun tersebut. Dari hasil yang di sepakati warga, supaya di adakan perbaikan secara swadaya dengan kerja bhakti. Sri Wibowo melaporkan hal ini kepada Danramil Kapten Arm Subarkah, untuk mendapat perhatian dari tingkat yang lebih tinggi. Setelah mendapat laporan dari babinsa Muspika mengecek ke lokasi dan membantu memperbaiki jalan yang sudah putus.

Antusiasme warga bersama Koramil sangat terlihat saat melaksanakan kerja bhakti, dengan harapan perbaikan sementara yang penting bisa di lewati. Sambil menunggu uluran bantuan dari pihak Kecamatan sehingga jalan bisa di lewati, sekalipun agak sulit. Dengan putusnya jalan akan sangat menghambat roda perekonomian kedua dusun. Di harapkan akan segera turun bantuan dari pihak yang berwenang, agar jalan kembali seperti normal. Salah satu solusi adalah senderan, namun karena membutuhkan dana yang banyak. Oleh warga di siasati dengan membuat tanggul dari karung berisikan tanah. Paling tidak bisa membantu warga untuk bisa jalan tersebut berfungsi kembali. Patok dari bambu yang menahan karung berisi tanah rapat terjajar, dengan harapan tidak ada lagi longsor susulan yang akan menyulitkan warga.

 Kapten Arm Subarkah berharap kepada warga yang melintas atau penduduk setempat, untuk lebih berhati-hati terhadap kemungkinan adanya longsor susulan. Kondisi jalan yang licin dan belum siap dengan beban berat, seyogyanya tetap menjadi perhatian warga. Faktor keamanan harus tetap di perhatikan saat melintas, karena di bawahnya ada jurang yang sangat curam. Semoga kondisi demikian akan menjadi perhatian tersendiri bagi pejabat yang ada di tingkat yang lebih tinggi. Dalam usaha untuk membantu warga, demi lancarnya roda perekonomian di daerah yang terkena longsor.

Last modified onMonday, 20 March 2017 13:00

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659