Seputar Wonosobo

A+ A A-

Potensi Besar Land Sliding Di Kaliwiro dan Wadaslintang Diwaspadai

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo tengah dalam status darurat siaga bencana. Sejumlah potensi kebencanaan terus diwaspadai, mengingat cuaca di awal Tahun 2017 ini, dinilai belum sepenuhnya kondusif. Kepala pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD, Prayitno saat ditemui seusai apel darurat bencana di Halaman Pendopo Kabupaten, Senin (23/1), menyebut setidaknya ada tiga desa di 2 Kecamatan yang menjadi perhatian khusus pihaknya. "Desa Ngasinan Kaliwiro, serta desa Kaligowong dan Kalidadap di Kecamatan Wadaslintang berpotensi land sliding, alias tanah bergerak cukup besar, sehingga kami waspadai," jelas Prayitno. Potensi land sliding di ketiga desa tersebut, masuk kategori besar karena menurut Prayit luasannya mencapai sekitar 7 hektar.

Segera Dibentuk, Tim Kerja Geopark Dieng

Sempat cukup lama tak terdengar kabarnya, rencana mewujudkan Dieng sebagai Taman Bumi, alias Geopark kelas Dunia, kembali mengemuka. Hal itu menyusul telah bertemunya Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo beserta beberapa pejabat teknis terkait, dengan sejumlah Geolog dari Universitas Padjajaran Bandung, di Hotel Surya Asia, Sabtu (21/1) malam. Dalam pertemuan tersebut, Wabup kembali menegaskan dukungan Pemkab Wonosobo terhadap upaya menata kawasan Dieng, agar kelak mampu tampil sebagai salah satu Geopark yang akan menjadi rujukan penelitian kebumian dan wisata minat khusus geologi, baik bagi para peneliti domestik maupun mancanegara.

Penyusunan Renstra dan Renja SKPD Ditenggat Maret

Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menargetkan kepada seluruh SKPD di jajaran Pemkab, untuk bisa menyelesaikan penyusunan rencana strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja), paling lambat pada minggu keempat Bulan Maret mendatang. Demi mencapai target tersebut, Bupati meminta agar para pimpinan OPD tak sekedar menyerahkan urusan itu kepada bawahannya, melainkan terjun langsung dan memberikan pendampingan secara intensif. "Penyusunan renstra maupun renja saya minta agar dikawal ketat, jangan hanya diserahkan kepada staf, agar sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021," tegas Bupati dalam acara Rakor RPJMD di aula Bappeda, Kamis (19/1).

Kontrak RITA Swalayan Tak Akan Berlanjut

Teka-teki terkait masa kontrak Swalayan Rita yang akan habis pada Bulan Maret mendatang akhirnya terjawab. Secara tegas, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menyebut bahwa Pemkab tidak akan memperpanjang lagi kontrak dengan Rita. Hal itu, menurut Bupati sudah berdasar pada kesepakatan dan diskusi pihaknya dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). "Untuk Swalayan Rita, yang selama hampir 3 Tahun ini telah meminta waktu perpanjangan kontrak, sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait bagaimana kelanjutan atau kemana akan pindah, sehingga melalui kesepakatan dengan BPKAD, kami memutuskan tidak akan lagi memperpanjang kontrak setelah bulan Maret mendatang selesai," tegas Bupati di depan puluhan pedagang pasar yang hadir dalam audiensi lanjutan dengan jajaran  pimpinan Dewan dan OPD teknis terkait, di Ruang Rapat Utama DPRD, Kamis (19/1).

Ketua TP PKK Ditugasi Nolkan AKI/AKB

Jabatan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dinilai sangat strategis untuk mendukung berbagai program  pemberdayaan keluarga yang digulirkan Pemerintah. Bupati Wonosobo, Eko Purnomo bahkan menegaskan, peran  Ketua TP PKK Kecamatan selaras dengan tugas pokok dan fungsi seorang Camat, mengingat merekalah pendukung kinerja suaminya. "Ketua TP PKK Kecamatan harus bisa bersinergi secara positif dengan program-program Kecamatan, utamanya dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan keluarga dan masyarakat di wilayah," harap Bupati saat menyampaikan kata sambutan pelantikan 15 Ketua TP PKK Kecamatan, di Pendopo Kabupaten, Selasa (17/1).

Subscribe to this RSS feed

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659